Rabu, 22 Juni 2016

PENGERTIAN MULTIMEDIA

        Multimedia berasal dari kata Multi dan Media. Multi artinya banyak, sedangkan media dalam bentuk jamaknya berarti medium. Jadi dapat di simpulkan bahwa multimedia berarti banyak media. Multimedia merupakan pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan beragam image dan objek, seperti text, grafik, audio, gambar bergerak ( video atau animasi ), dengan menggabungkan link dan tool sehingga memungkinkan pemakainya untuk melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi , dan berkomunikasi ( Suyanto dari Hoffstetter, 2003.21 ).

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, pengertian multimedia terbagi dua yaitu :
a. Berbagai jenis sarana
b. Penediaan Informasi pada komputer yang menggunakan suara, grafik, animasi, dan teks.

       Adapun menurut Robert Webking, multimedia secara etimologi diartikan sebagai multi(banyak) dan medium( perantara media ). Dalam bidang informasi, multimedia memiliki makna "persekutuan media" di antara sumber dan pemasukan informasi atau "persekutuan alat" dimana informasi di simpan, di transformasikan, di presentasikan dan ditrima ( webking, 2001: www.altheweb.com )







Bagan pengertian multimedia menurut Hoffstater 


    Ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa multimedia adalah pemanfaatan seperangkat komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak ( video dan animasi ) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkingkan pemakai melakukan nafigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.

    Berdasarkan beberapa pengertian di atas, dapat di tarik kesimpulan bahwa multimedia merupakan sebuah aplikasi khusus yang di olah melalui komputer dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat atau user( pengguna ) yang dapat di kemas ke dalam format compact disk ( CD ). Media ini merupakan sebagai sarana penyimpaian informasi yang di dalamnya terdapat gabungan  berbagai tampilan yang terdiri atas teks, animasi 2d/ 3d, grafis, audio ( narasi, sound effect ) video dan bentuk navigasi, dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mencari informasi yang di perlukan, baik secara berurutan maupun secara acak.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments system

Disqus Shortname